Jadwal kegiatan CCIJ

  • 14-15 Mei 2016, Temu Kangen CITROEN 2016
Bagi rekan-rekan yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi

CCIJ Sdr Angga 0856-1050193
CCB Sdr Bagdja 0858-46892302
CCIBogor Sdr Deddy 0856-8572362
CCIY Sdr Arief 0813-28708902
CCIS Sdr Yanuar 0856-40647183
CCIJatim Sdr Daniel 0816-15625631
CCIBali Sdr Kemal 0815-86599725
 
Didirikan 1919 oleh ANDRE CITROËN, penjualan mobilnya dimulai tahun itu juga. Andre menerapkan teknik produksi masal pertama di industri otomotif eropa, dan juga yang merintis jaringan agen pelayanan. Jika model-model awalnya mirip dengan umumnya dalam hal teknologi dan style, semuanya berubah dengan diluncurkannya "Traction Avant" (TA) 1934 yang menembus pola hingga 50 tahun lebih awal dari masanya bagi otomotif modern! Tidak ada chassis batang (sudah monocoque), front wheel drive, karoseri aerodinamis , handling dan cengkraman jalan sempurna, perhatian penuh pada keselamatan, dll. 

Sayang, Andre meninggal tak lama setelah TA diluncurkan. Pra peluncuranTA, CITROËN telah menguasai seni publikasi dengan kampanye iklan yang belum pernah dilakukan sebelumnya - Menara Eiffel dihiasi ribuan lampu yang membentuk nama, logo dan prestasi-prestasi yang diraih seperti safari antar benua dan rekor ketahanan, dll.

Peluncuran 2 CV pada 1949 menimbulkan kritik - mobil ini begitu berbeda dibandingkan mobil lain sejenis hingga diramalkan gagal. Lamban dan tidak menarik, 2CV menawarkan hal yang berlawanan dengan industri pesaing - Nyatanya 2CV diproduksi hingga 5 dekade dan menciptakan antusias yang membawa fanatisme.

Tonggak peristiwa tunggal yang dianggap paling penting dalam sejarah otomotif (setelah penciptaan roda) terjadi pada 1955 - Diluncurkannya DS 19. CITROËN terus melanjutkan tradisi membuat kendaraan yang inovatif hingga saat ini.

CITROEN di INDONESIA

Mobil ini diakui oleh banyak pemakai kendaraan yang telah pernah mencoba tentang kenyamanannya. Hal yang membedakannya dengan mobil lain adalah suspensinya yang menganut simtem hydropneumatic (pendeknya hirdolik) pada type GS, CX dan BX. Walaupun akhirnya karena kelebihannya inilah mobil ini dianggap sebagai mobil murah namun mahal dan rewel dalam pemeliharaannya hingga hanya segelintir orang yang mau menikmati. 
Citroen di Indonesia sudah ada sejak tahun '30-an dimana pernah ada Citroen TA masuk dan sekarang masih ada di Yogyakarta , selanjutnya seri DS tahun '50-an dan '60-an. Citroen mulai resmi ada di Indonesia pada tahun 197? dimana seri Dyanne (kelanjutan versi 2CV) dipakai sebagai kendaraan proyek pembangunan waduk Jatiluhur Jawa Barat kemudian ATPM dipegang oleh PT. Alun. Mulai itulah seri GS beredar di Indonesia sejak 1974-1990, seri FAF (pengembangan seri 2CV) 1983,  seri CX 1978-1983, dan terakhir seri BX 1986-1994.

CITROEN CLUB INDONESIA (JAKARTA)

CCIJ, pertama kali berdiri pada 6 Desember 1997 dengan nama BX Owners Club (BOC), Tetapi karena banyak pemilik CITROËN tipe lain yang ingin bergabung maka pada tanggal 18 Maret 1998 diganti dengan nama CITROËN CLUB INDONESIA (CCI).

Dasar yang kami tetapkan dalam mendirikan club ini adalah non-profit dan netral. Selanjutnya, dengan kampanye dan pembinaan yang cukup, berbagai daerah seperti Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Tegal, Malang turut terbentuk Club dengan kepengurusan masing-masing yang independen. Oleh karena itu untuk menghindari kesan Jakarta adalah induk, maka CCI di jakarta merubah nama menjadi CCI Jakarta.

Adapun ide pembentuk CCIJ dipelopori oleh 6 orang yang sama-sama ingin memajukan CITROËN di Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.
Keberadaan CCIJ bukan untuk mengeksklusifkan diri tetapi justru membuka diri bagi semua pemilik / penggemar CITROËN, toko onderdil dan semua bengkel/teknisi CITROËN bahkan dengan club-club otomotif lain.

Sedangkan misi yang kami kembangkan adalah untuk membina rasa persatuan-kesatuan,kekeluargaan,keakraban diantara pemilik /penggemar/ toko onderdil/teknisi CITROËN dengan harapan dapat mengembangkan dunia CITROËN di Indoensia.
Dengan terciptanya suasana yang demikian, kami berharap akan terjadi komunikasi yang baik diantara para insan CITROËN tersebut sehingga dapat saling berbagi pengalaman dan informasi teknis lainnya.
Selama ini CCIJ juga aktif mengikuti berbagai kegiatan otomotif seperti pameran dan kerja sama dengan CITROËN club dari daerah lain serta club otomotif lain.
Kegiatan rutin CCIJ adalah pertemuan bulanan. Selain itu kami juga membuka jalur komunikasi lewat fasilitas internet dengan dirintisnya Mailing List khusus kendaraan CITROËN dengan nama FKCI (Forum Komunikasi CITROËN Indonesia) pada 19 Juni 1998 di Egroups (Sekarang Yahoogroups)
dan kami bersyukur bahwa fasilitas ini ternyata cukup efektif untuk menjangkau pemilik / penggemar CITROËN di seluruh Indonesia bahkan sampai manca negara, dan manfaatnya telah dirasakan oleh banyak pemilik disegala penjuru Indonesia, selain itu milis ini juga sebagai ajang komunikasi antar semua CITROËN club yang ada.

Susunan kepengurusan CCIJ period 2012

Ketua : Pranada Suwondo
Wakil : Setyo
Bendahara : Joko Waspodo
Sekertaris : Amir Angkasa
Humas : Bowo & Hadi