Jadwal kegiatan CCIJ

  • 14-15 Mei 2016, Temu Kangen CITROEN 2016
Bagi rekan-rekan yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi

CCIJ Sdr Angga 0856-1050193
CCB Sdr Bagdja 0858-46892302
CCIBogor Sdr Deddy 0856-8572362
CCIY Sdr Arief 0813-28708902
CCIS Sdr Yanuar 0856-40647183
CCIJatim Sdr Daniel 0816-15625631
CCIBali Sdr Kemal 0815-86599725
 
ULASAN: Sistem Pendinginan BX


Saya ingin sedikit komentar, mohon koreksinya jika ini salah sejauh yg saya tahu sistem vacum maksudnya disini adalah bahwa dalam sirkulasi (diawal) tdk ada buble (kelebihannya semua laluan/ jalur air full keisi air yang berarti jumlah air yang mengalami transfer panas lebih banyak).

Sistem ini sebenarnya termasuk canggih/ rumit namun perlu maintenance yang benar (lebih repot), umumnya digunakan mobil-mobil Eropa. Jalur air sudah dirancang sedemikian rupa sehingga pada level air normal (diindikasikan tidak adanya keluar udara {hanya air} ujung baut bleeding, disisi kiri radiator).

Namun demikian tetap ada ruang udara di sisi atas Radiator, yaitu di sisi pengisi air. Perlu diperhatikan, sistem ini tidak menghendaki mengisi sampai penuh ke tutup radiator, level air pengisian cukup pada kondisi baut bleeding sampai keluar full air (kemudian ditutup lagi), hal ini bisa ditandai dengan menyentuhnya permukaan ke semacam tonjolan (2 atau 3 stik kecil) disisi pengisian air, memang kesannya radiator kurang air.

Fungsi ruang kosong ini untuk kondensasi seperti halnya kotak plastik isi air di mobil Jepang. Jika ini keisi penuh maka ruang yang sempit ini tdk cukup mampu menampung uap air yang panas, yg berarti akan meyebabkan tekanan naik tinggi dan ttk didih air akan naik (hukum Fisika, jika tekanan naik maka temperatur didih naik). Efeknya pressure akan semakin naik dan temp. mesin akan sgt tinggi, ini berbahaya. Gejalanya bisa dilihat dengan terjadinya aliran air mengalir dalam jumlah banyak melalui tutup radiator.

Memang filosofinya yg berbeda dgn mobil Jepang, bukan karena konvensional. Penggunaan Radiator Coolant tdk terlalu dianjurkan kecuali fungsinya lebih sebagai pencegah karat. Maka pilih yg jgn mengandung additive penaik temp. didih, karena mobil Eropa temp. kerjanya saja sudah relatif tinggi. Utk mobil Jepang bolehlah. Kalau di Renault 12 saya lihat ruang kondensasinya seperti mobil Jepang (terpisah) namun sistemnya tetap menggunakan vacum. Ini dulu ya, kalau ada kesalahan tolong di perbaiki.

Salam Purubojo

Other Reviews :